Ahmad Heryawan Bank Jabar Banten Minta Karang Taruna Optimalkan Peran di Masyarakat

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menginginkan Karang Taruna bisa menjadi organisasi yang mendukung pembangunan dan program pemerintah Jawa Barat. Sebagai organisasi yang ada dipelosok desa/kelurahan hingga kota, dia berharap ingin Karang Taruna mempunyai garapan atau program yang jelas.
Aher, sapaan akrabnya, mengatakan, Karang Taruna harus bisa menjadi gerakan sosial di tengah masyarakat. Dengan begitu, Karang Taruna akan terasa manfaat dan kehadirannya.

Dia berharap Jawa Barat menjadi pelopor Karang Taruna yang mempunya garapan yang jelas. “Pertanda ada Karang Taruna itu ada di mana-mana, jangan hanya ada, kelihatan ketika mau 17 Agustus-an. Jangan hanya itu, tapi jelas ada gerakan sosialnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (27/7).

Aher meminta hal tersebut bisa dirumuskan oleh Karang Taruna Jawa Barat. Dia mencontohkan masalah-masalah sosial bisa menjadi program yang harus diseriusi oleh Karang Taruna.

Apalagi, ujarnya, Karang Taruna berisikan para pemuda yang bisa mensosialisaiskan nilai-nilai kebersamaan di lingkungan, mengokohkan nilai-nilai kebangsaan, dan juga mengukuhkan fakta kebinekaan. “Saya kira kalau fungsi besar ini kita pahami dengan baik niscaya kita akan sangat aktif di Karang Taruna karena keaktifan ini akan menjadi sebuah gerakan sosial untuk merajut, menenun kebangsaan kita,” ujarnya.

Aher yang juga merupakan Ketua Pembina Karang Taruna Jawa Barat menekankan kontribusi Karang Taruna juga diperlukan di bidang ekonomi. Menurut Aher, koperasi bisa menjadi salah satu jalan dalam pemerataan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan Karang Taruna.

Koperasi adalah kumpulan orang-orang yang kemudian mengumpulkan modal bersama-sama. Koperasi bukan usaha kecil atau UMKM yang bisa menyejahterakan para anggotanya bersama-sama secara merata hingga membentuk sebuah usaha besar.

“Koperasi itu cara memeratakan pendapatan, cara memeratakan kesejahteraan. Jadi sejahtera bareng-bareng, kaya bareng-bareng itu koperasi bentuk ekonominya. Itulah ekonomi Pancasila,” kata Aher.

Ketua Karang Taruna Jawa Barat Masa Bakti 2017-2022, Subchan Daragana mengatakan, Karang Taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan mempunyai tugas pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial di semua lapisan masyarakat. Pembinaan ini bisa dilakukan secara terencana, sistematis, dan berkesinambungan.

Untuk itu, Subchan memiliki empat program penguatan Karang Taruna di bawah komandonya. Keempat program ini yaitu penguatan organisasi, pengembangan generasi muda, pengembangan koperasi, dan pengembangan sumber daya alam dan sumber daya manusia berbasis data.

Penguatan standar organisasi yang memiliki standar optimal. “Kami ingin menjalankan organisasi ini berstandar, punya standar ISO menjadi mimpi kami,” kata Subchan.

Penguatan kedua, yaitu Karang Taruna Jawa Barat ingin memiliki pusat pengembangan kepemiminan dan menajemen generasi muda se-Jawa Barat. Hal tersebut Subchan berharap bisa diimplementasikan dalam Karang Taruna (KT) Institute.

“Bayangkan ada 6.000 desa, 6.000 Karang Taruna di desa dan kelurahan di Jawa Barat. Ada 38 juta warga Karang Taruna yang dititipkan Pak Gubernur kepada kita (Karang Taruna). Maka KT Institute menjadi spirit kita,” ujarnya.

Ketiga yaitu pengembangan koperasi. Karang Taruna Jabar akan menjadikan koperasi sebagai motor penggerak inkubator bisnis para pemuda di Jawa Barat. Dan keempat, yaitu pemutakhiran dan pengembangan basis data yang di dalamnya ada potensi pemuda.

Source:

nasional.republika.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s