Annabelle: Creation, Awal Mula Kengerian Boneka Terkutuk! Awas Spoiler!

Boneka terkutuk Annabelle kembali datang ke bioskop. Kali ini bukan kisah lanjutan teror yang ia sebabkan, melainkan cerita sebab musabab boneka horror ikonis serial The Conjuring tersebut.

Melalui Annabelle: Creation, produser James Wan dan Peter Safran merekrut sutradaraLights Out, David F Sanberg untuk menggambarkan kengerian di balik kisah si boneka jahat Annabelle.

Dengan garapan naskah oleh Gary Sauberman, Annabelle: Creation dimulai dari kisah kehidupan pasangan pembuat boneka, Samuel Mullins (Anthony LaPaglia) dan istrinya (Miranda Otto), serta seorang anak perempuan Bee (Samara Lee).

Keluarga Mullins awalnya hidup tenang, hingga suatu kali anak perempuan mereka meninggal mengenaskan akibat kecelakaan dan membuat kehidupan di rumah Mullins menjadi sepi.

Alur cerita loncat hingga 12 tahun kemudian, ketika rumah Mullins yang besar itu kedatangan enam anak perempuan dari panti asuhan dan ditemani oleh suster Charlotte (Stephanie Sigman).

Mereka datang ke keluarga Mullins karena kehilangan tempat tinggal dan ditampung oleh keluarga tersebut.

Namun kedatangan anak-anak dan suster itu ternyata harus disambut dengan serangkaian teror, terutama menyerang Janice (Talitha Bateman), anak disabilitas akibat polio.

Suatu kali, sosok Bee muncul di depan Janice dan meminta bantuannya untuk membuka sebuah pintu yang selalu ditutup oleh Tuan Mullins. Janice pun membuka pintu itu.

Sejak terbukanya pintu itu, keluarga dan anak-anak perempuan tersebut semakin mendapatkan teror. Siang dan malam.

Sejak mendapatkan banyak kritikan akibat debut Annabelle pada 2014 lalu, James Wan tampaknya benar-benar memutar otak menciptakan kisah teror supranatural yang menjadi ciri khasnya selama ini.

Keberadaan Sandberg menjadi penolong Wan. Sanberg yang terkenal sebagai pemenang kontes film pendek yang kemudian diangkat Wan jadi film layar lebar, Lights Out, memberikan sentuhan sudut pandang penuh teror.

Sanberg masih menggunakan cara yang sama seperti ia menggarap Lights Out, yaitu alur cerita sederhana, gambar estetik, permainan efek kejut, dan suasana ketakutan yang seolah nyata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s